RRI

Kader Fatayat Diminta Kawal Tahapan Pemilu

13 November 2023 12:28 WIB
Kader Fatayat Diminta Kawal Tahapan Pemilu
Suasana Pelantikan PC Fatayat NU Kabupaten Banyumas, Minggu (12/11/2023) (Foto: Fatayat NU).

KBRN, Banyumas: Kader Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Banyumas diminta mengawal setiap tahapan Pemilihan Umum (Pemilu). Mengingat, jumlah pemilih perempuan hampir sama dengan jumlah pemilih laki-laki, maka kader Fatayat didorong mengambil peranan penting. 

“Kader Fatayat harus menyiapkan diri untuk mengambil peran terdepan pada setiap tahapan dan proses kehidupan berbangsa dan bernegara. Termasuk proses demokrasi pemilu 2024 yang akan datang ini,” kata Pembina PP Fatayat NU Rustini Muhaimin Iskandar, dalam Pelantikan PC Fatayat NU Kabupaten Banyumas, Minggu (12/11/2023). 

Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU menyebutkan, jumlah pemilih dalam Pemilu 2024 sebanyak 204,81 juta jiwa. Jumlah itu terdiri dari 102,58 juta pemilih perempuan dan 102,21 juta pemilih laki-laki. 

“Jumlah pemilih perempuan hampir sama dengan pemilh laki-laki, maka perlunya peran perempuan. Jangan sampai golput (tidak menggunakan hak pilih),” ujar Rustini.

Dirinya juga meminta agar kader-kader Fatayat menjadi perempuan  tangguh dan bijaksana dalam menyikapi segala situasi dan kondisi. Rustini pun meminta doa restu untuk menjadi perempuan tangguh mendampingi suaminya Abdul Muhaimin Iskandar berjuang untuk kemaslahatan Bangsa. 

Ketua PC Fatayat NU terpilih Tati Irawati menambahkan, kader-kader Fatayat banyak memiliki aktivitas lain di luar keorganisasian. “Namun, kami selalu berupaya menyediakan waktu untuk berkhidmad kepada masyarakat,” ucap Tati.

Dalam kepemimpinannya, Tati akan menyempurnakan dengan program-program yang lebih banyak membawa manfaat bagi masyarakat luas. Ia mengimbau kader Fatayat terus produktif dalam berkhidmad kepada masyarakat. 

Anggota DPR RI Dapil Banyumas Cilacap, Siti Mukaromah menyemangati sekitar 5 ribuan kader Fatayat NU yang hadir pada pelantikan tersebut. Ia menyerukan agar kader Fatayat terus meningkatkan kualitas diri. 

“Kader-kader Fatayat tersebar di hampir semua bidang kehidupan berbangsa dan bernegara. Di lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif dari tingkat pusat hingga daerah diwarnai peran kader-kader Fatayat,” ucapnya. 

Ia berharap, peluang ini dimanfaatkan dengan baik. Terlebih, tidak sedikit perempuan memberikan peran dalam bidang ekonomi, sosial, maupun budaya. 

"Perempuan harus saling mendukung peran berbagai bidang tersebut. Maka mari terus tingkatkan kualitas diri kita," katanya.



Pewarta: Bunaiya
Editor: Mosita
Sumber: RRI