RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sasar Pemilih Muda, KPU Gelar Sosialisasi ke Kampus

Sasar Pemilih Muda, KPU Gelar Sosialisasi ke Kampus

9 November 2023 06:15 WIB
Sasar Pemilih Muda, KPU Gelar Sosialisasi ke Kampus
Pembicara dan peserta KPU Goes to Campus berfoto bersama usai berdiskusi. (Foto: KPU DKI)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar kegiatan "KPU Goes to Campus, School dan Pesantren", di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta, Rabu (8/11/2023). Acara ini merupakan bentuk sisosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan partisipasi publik pada Pemilu 2024.

Sosialisasi pemilu dilakukan kampus, karena  menyasar pemilih pemula dan pemilih muda. Hal itu dikatakan anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Astri Megatari.

Sosialisasi  dikemas dalam bentuk talkshow bertajuk “Anak Muda Membangun Bangsa, Gak Milih Gak Keren”. Acara ini diikuti lebih dari 200 mahasiswa.

"Hampir 50 persen pemilih di DKI Jakarta di dominasi oleh pemilih pemula dan pemilih muda. Karenanya, mahasiswa  harus menggunakan hak suara pada 14 Februari 2024 nanti," katanya.

Kepada para mahasiswa, Astri menjelaskan bahwa para pemilih di Jakarta hanya akan menerima empat surat suara. Yaitu surat suara Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi.

"Jadi pemilih di  DKI Jakarta tidak mendapatkan surat suara untuk DPRD Kabupaten/Kota ya. Karena dan di Provinsi DKI Jakarta tidak menyelenggarakan pemilihan untuk DPRD Kabupaten/Kota," kata Astrid.

Pembicara lain yang tampil adalah Dekan FISIP Universitas Al Azhar Indonesia, Heri Herdiawanto. Dia mengajak mahasiswa untuk mengeahui hak dan kewajibannya sebagai pemilih.

“Partisipasi Pemilu bukan hanya untuk kepentingan sesaat, partisipasi Pemilu bukan hanya sekedar sudah “nyoblos”. Tetapi bagaimana mengawal suara yang sudah diberikan untuk tidak disalahgunakan," kata Heri.

Hal serupa ditekankan Arif Adiputo Koordintor Divisi Representasi Parlemen, Indonesian Parlementary Center (IPC). Arit meminta para mahasiswa untuk mengenali dan mencari tahu profil calon dan visi misi dari masing-masing calon, sebelum memilih.

“KPU menyediakan data profil calon. Teman-teman bisa mengaksesnya melalui https://infopemilu.kpu.go.id/," ujar Arif.

Di akhir acara, KPU DKI Jakarta menggelar lomba konten terkait kegiatan "KPU Goes to Campus, School, dan Pesantren". Tujuannya agar para mahasiswa semakin memahami pentingnya berpartisipasi dalam pemilu.

Pewarta: Agus Wijananto
Editor: Mosita
Sumber: RRI