RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jelang Pemilu, Presiden: Jaga Persatuan dan Kondusifitas Bangsa

Jelang Pemilu, Presiden: Jaga Persatuan dan Kondusifitas Bangsa

8 November 2023 13:05 WIB
Jelang Pemilu, Presiden: Jaga Persatuan dan Kondusifitas Bangsa
Presiden Joko Widodo memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemilu, di Grand Sahid Jaya, Rabu (8/11/2023). (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak untuk menjaga persatuan dan kondusifitas bangsa menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kepala Negara pun meminta semua pihak bersama-sama untuk menjaga stabilitas keamana. 

Presiden mengatakan, dalam pesta demokrasi, perbedaan dalam kompetisi merupakan hal biasa. Presiden menyebut, hal inilah yang disampaikan ketika makan bersama para calon presiden yang akan bertanding di pemilu mendatang. 

"Bahwa demokrasi itu begitu, bersaing silahkan, berkompetisi silakan, kompetisi itu biasa dan wajar. Perbedaan politik, perbedaan pilihan itu juga biasa, wajar," kata Presiden dalam arahan di Rakornas Penyelenggaraan Pemilu, di Jakarta, Rabu (8/11/2023). 

"Jangan sampai yang di atas sudah makan-makan bersama, yang dibawah di daerah masih ribut-ribut. Ini yang perlu kita jaga bersama-sama, kita harus ingat bahwa kerukunan, persatuan bangsa tidak boleh dikorbankan.". 

Di sisi lain, Presiden meyakini demokrasi di Indonesia sudah semakin berkualitas. Karena masyarakatnya sudah semakin bijak dalam memilih. 

Kedewasaan masyarakat, menurut Presiden, membawa pemilu semakin menarik. Masyarakat harus dapat menikmati pesta demokrasi yang hanya terjadi lima tahun sekali.

"Masyarakat juga semakin dewasa dalam bersikap, karena pemilu adalah pestanya rakyat, harusnya rakyat itu bergembira. Harusnya rakyat itu dalam berpesta itu bersukacita, bukan kekhawatiran,  keresahan, kerisauan," ujarnya. 

Pewarta: Pradipta
Editor: Tegar
Sumber: RRI