RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KSP Sebut Presiden Imbau Capres-Cawapres Wujudkan Pemilu Kondusif

KSP Sebut Presiden Imbau Capres-Cawapres Wujudkan Pemilu Kondusif

8 November 2023 11:42 WIB
KSP Sebut Presiden Imbau Capres-Cawapres Wujudkan Pemilu Kondusif
Presiden Joko Widodo saat santap siang bersama Bacapres Pilpres 2024, di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Setneg RI)

KBRN, Jakarta: Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan, Presiden Jokowi sudah mengimbau seluruh kandidat capres-cawapres Pilpres 2024 menciptakan suasana kondusif. Pernyataan tegas KSP itu, menyoroti pertemuan Presiden Jokowi dengan Bacapres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

"Pasti di sampaikan (menciptakan Pemilu 2024 kondusif), tapi detialnya kita tidak tahu persis. Terlebih, pembicaraan mereka satu jam lebih, pasti ada komitmen bersama pemilu lebih adem," kata Tenaga Ahli (TA) KSP Johannes Joko saat berbincang dengan PRO3 RRI, Rabu (8/11/2023).

Joko mengaku, Presiden Jokowi juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menciptakan Pemilu 2024 nyaman. Perbedaan dalam pilihan politik pada pemilu diharapkannya tidak dijadikan ajang permusuhan.

"Dalam aspirasi politik, program, mari selesaikan perbedaan itu, dalam situasi lebih kondusif. Pak Presiden melihat situasi hari ini, seperti geopolitik, krisis pangan, energi, bonus demografi, momentum ini harus dijaga betul," ucap Joko.

Sebab itu, kata Joko, Presiden Jokowi tidak menginginkan gesekan-gesekan politik yang terjadi saat ini tidak menjadi 'bara api'. Presiden Jokowi sangat ingin, Pemilu 2024 menjadi batu loncatan Indonesia jadi megara maju.

"Tiap lima tahun (pesta demokrasi) ini nggak bisa diabaikan, kontestasi ini pasti ada gesekan. Ini pak presiden nggak mau terjadi, masyarakat harus dapat pendidikan politik lebih cerdas," ujar Joko.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI