RRI

  • Beranda
  • Berita
  • TNI Siap Kerahkan Alutsista Dukung Distribusi Logistik Pemilu

TNI Siap Kerahkan Alutsista Dukung Distribusi Logistik Pemilu

7 November 2023 21:30 WIB
TNI Siap Kerahkan Alutsista Dukung Distribusi Logistik Pemilu
Helikopter TNI AL HS-1311 mendarat di helideck KRI Teluk Palu-523 saat Latihan Prosedur SAR Laut Kolinlamil di perairan Teluk Jakarta, Kamis (26/10/2023) (Foto: ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/nym)

KBRN, Jakarta: Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, siap mengerahkan alutsista mendukung pendistribusian logistik Pemilu. Sesuai rencana operasi pengamanan Pemilu, pihaknya akan menyiapkan dan menyiagakan sesuai jenis dan kebutuhan. 

Ia menegaskan, siap mengerahkan personel untuk membantu Polri dalam pengamanan. Sehingga, pemilihan Presiden, Legislatif dan Kepala Daerah secara serentak, berjalan aman dan lancar.

“Alutsista TNI kita siapkan untuk mendukung logistik Pemilu, dalam hal ini pasti untuk distribusi ke pulau-pulau terluar. Secara rutin setiap ada Pemilu, kita bisa dilibatkan baik kapal maupun pesawat TNI," ujar Panglima Yudo saat rapat kerja dengan KOMISI I DPR RI, di Gedung Nusantara DPR RI Jakarta, Selasa (7/11/2023).

“Konsep operasi tersebut adalah melaksanakan pengamanan pemilihan Presiden dan legislatif dan kepala daerah serentak tahun 2024. Di wilayah Indonesia dengan titik berat, mengamankan tahapan penyelenggaraan dengan mengarahkan kekuatan atas permintaan."

Dalam melaksanakan operasi pengamanan Pemilu, lanjut Yudo, pihaknya akan mengerahkan 446.516 prajurit dari TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara. “Seluruh personel dibagi di berbagai tahapan Pemilu, dan akan tersebar baik di ibu kota maupun di seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai dengan undang-undang TNI dalam rangka operasi militer. Selain perang, TNI dapat diterjunkan guna mewujudkan situasi nasional yang aman tertib dan lancar.

Pewarta: Lukman Tara
Editor: Cecep
Sumber: RRI