RRI

  • Beranda
  • Berita
  • DCT Tangsel Lampaui Target 30 Persen Keterwakilan Perempuan

DCT Tangsel Lampaui Target 30 Persen Keterwakilan Perempuan

7 November 2023 19:55 WIB
DCT Tangsel Lampaui Target 30 Persen Keterwakilan Perempuan
KPU Kota Tangerang Selatan dijaga ketat petugas pascapenetapan daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

​KBRN, Tangerang: KPU telah menetapkan 700 bakal calon anggota legilatif Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masuk dalam daftar caleg tetap (DCT) Pemilu 2024. Jumlah tersebut diklaim telah melampaui 30 persen keterwakilan perempuan.

"Kalau untuk keterwakilan perempuan semua dari calon partai politik sudah memenuhi ambang batas dari Peraturan KPU. Yakni, 30 persen keterwakilan perempuan, bahkan lebih," ujar Ajat Sudrajat, Komisioner KPU Kota Tangerang Selatan, Senin (7/11/2023).

Ajat menyebutkan keterwakilan calon anggota legislatif dari Kota Tansel yang diajukan 18 parpol secara umum jumlahnya hampir merata. "Semua partai hampir rata-rata caleg yang didaftarkan sama," katanya.

Berdasarkan data KPU atas hasil penetapan DCT Pemilu tahun ini sebanyak 700 jiwa. Jumlah tersebut berkurang dua orang dibanding dengan daftar calon sementara (DCS) yang berjumlah 702 bacaleg. 

"Dari dua bacaleg ini tidak lolos karena terdaftar di dua partai politik. Maka, kami gugurkan," ucapnya, menjelaskan.

Ia mengungkapkan, dua Bacaleg yang tidak lolos verifikasi KPU tersebut diketahui semula terdaftar di Partai Garuda dan Perindo. kemudian satu Bacaleg lainnya terdaftar di PDI Perjuangan dan PSI. 

Seusai menetapkan DCT, KPU Kota Tangerang Selatan akan mengirimkan nama-nama tersebut ke KPU RI untuk pencetakan surat suara. Kota Tangerang Selatan memiliki 1.022.237 pemilih tetap (DPT), 501.755 pemilih laki-laki dan 520.482 pemilih perempuan.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Beri
Sumber: RRI