RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Bacapres Ganjar Ingatkan Pentingnya Infrastruktur untuk Sektor Ekonomi

​Bacapres Ganjar Ingatkan Pentingnya Infrastruktur untuk Sektor Ekonomi

2 November 2023 09:40 WIB
​Bacapres Ganjar Ingatkan Pentingnya Infrastruktur untuk Sektor Ekonomi
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo saat berpidato, di Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2023). (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Bacapres PDIP Ganjar Pranowo menegaskan, infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata. Terlebih, Indonesia memiliki keunikan dan berbagai macam budaya di setiap daerah, salah satunya Bali.

Ganjar mengatakan, destinasi wisata di Bali pasca Covid-19 selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. "Jalan penerbangan, pelabuhan, wabil khusus sistem transportasi di perkotaan, saya kira itu harus jadi perhatian," katanya saat melakukan kunjungan di Denpasar, Bali, Rabu (1/11/2023).

Tak hanya infrastruktur, ia mengungkapkan, penting juga mengembangkan ekowisata. Ekowisata tersebut, bertujuan menjaga kelestarian lingkungan.

"Kalau bicara Bali, mestinya mulai melakukan persiapan untuk penanganan dan pengelolaan 20 tahun ke depan. Sehingga, kita bisa memproyeksi karena kunjungan makin banyak," ucapnya.

Lanjutnya, ia menuturkan, budaya juga berperan penting sebagai daya tarik pariwisata. Alasannya, budaya lokal yang unik merupakan faktor kunci dalam menarik wisatawan.

Menurutnya, bahwa wisatawan yang datang ke daerah tertentu untuk merasakan budaya khasnya. Seperti di Bali, budaya dan seni tradisional sangat hidup dan menarik minat wisatawan.

"Dengan kecepetan pariwisata tumbuh di Bali, memang mesti disiapkan aspek lingkungan, dukungan SDM bahkan sampai saya bilang. Paket wisata dengan destinasi lain di luar Bali, sehingga orang yang dateng akan mendapatkan alternatif," ujarnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI