RRI

KPU Kota Bekasi Sasar Gen-Z dan Milenial

1 November 2023 16:47 WIB
KPU Kota Bekasi Sasar Gen-Z dan Milenial
Kantor KPU Kota Bekasi, Rabu, (1/11/2023). (Foto: RRI(Leny)

KBRN, Bekasi: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 meningkat dibanding pada pemilu 2019 silam. Salah satunya dengan menggarap suara Generasi Z (Gen-Z) dan Milenial.

Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi mengatakan, Gen-Z dan Milenial akan menentukan sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu 2024 mengingat jumlahnya yang mendominasi dari total jumlah pemilih yang terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Menurutnya, berdasarkan data yang KPU Kota Bekasi miliki, jumlah pemilih Gen-Z dan Melenial mencapai 55 persen.

"Dengan persantase yang besar maka Generasi-Z dan Milenial menentukan sekali pada pemilu nanti. Sehingga kami perlu menggarap serius termasuk memilih strategi yang tepat," kata dia, Senin (1/11/2023).

Soal strategi menggarap pemilih muda, KPU Kota Bekasi rencananya akan memanfaatkan sejumlah sarana salah satunya media sosial. KPU Kota Bekasi juga tidak menutup kemungkinan bakal menggaet sejumlah perguruan tinggi guna melakukan penelitian.

"Dengan penelitian tersebut diharapkan kita menemukan formula yang pas dalam pengambilan strategi untuk mendongkrak ahpartisipasi pemilih muda," paparnya. Selain itu, ia juga berharap agar peserta pemilu dalam hal ini partai politik atau calon legislatif bisa ikut meningkatkan partisipasi pemilih.

"Bukan cuma tugas penyelenggara soal meningkatkan partisipasi pemilih tapi juga peserta pemilu ikut berperan," ucapnya. 

Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: Waddi Armi
Sumber: RRI