RRI

Prabowo-Gibran Jalankan Tes Kesehatan di RSPAD

26 Oktober 2023 06:38 WIB
Prabowo-Gibran Jalankan Tes Kesehatan di RSPAD
Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat mendaftarkan ke KPU, Rabu (25/10/2023) (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan tes pemeriksaan kesehatan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka dijadwalkan hadir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI)Hasyim Asy’ari menjadwalkan pemeriksaan terhadap keduanya sejak pagi hari pukul 07.00 WIB. Diketahui, pemeriksaan kesehatan adalah sebuah rangkaian wajib yang dijalani oleh setiap bakal calon presiden dan wakil presiden sebelum resmi berkontestasi di pilpres 2024.

Hasyim menyebut, hasil tes kesehatan belum akan langsung diumumkan ke publik. Nantinya, hasil tes kesehatan baru akan disampaikan oleh tim dokter ke KPU pada keesokan harinya bersamaan dengan hasil dua kandidat yang sudah lebih dulu menjalani tes pemeriksaan kesehatan yaitu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Md.

"Hasil dari rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk 3 bakal pasangan calon yang sudah dilakukan pemeriksaan, itu nanti akan bersama-sama. Hasil dari 3 bakal pasangan calon tersebut oleh tim pemeriksa RSPAD Gatsu akan disampaikan pada KPU secara resmi hari Jumat tanggal 27/10/2023, sekira jam 14.00 siang," kata Hasyim.

Sebagai informasi, Prabowo dan Gibran baru saja mendaftar sebagai capres-cawapres ke KPU di hari terakhir pendaftaran, Rabu (25/10/2023). Keduanya didampingi oleh petinggi partai politik yang tergabung dalam KIM.

Hasyim menyatakan bahwa berkas pendaftaran Prabowo dan Gibran telah lengkap dan berkas akan masuk ke tahap verifikasi. KPU akan memeriksa kebenaran dan keabsahan dokumen yang dikirimkan.

“Informasi dari tim, melalui SILON, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dinyatakan lengkap,” kata Hasyim.

Pewarta: Allan
Editor: Mosita
Sumber: RRI