RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Yusril Sebut Prabowo Temui SBY Bentuk Etika Penghormatan

Yusril Sebut Prabowo Temui SBY Bentuk Etika Penghormatan

25 Oktober 2023 12:46 WIB
Yusril Sebut Prabowo Temui SBY Bentuk Etika Penghormatan
Prabowo dan SBY saling hormat saat bertemu di di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/10/2023) pagi. (Foto: Ist/Partai Demokrat).

KBRN, Jakarta: Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto sowan, kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan Prabowo dan SBY itu, terjadi di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/10/2023) pagi.

Prabowo bertemu SBY, dilakukannya sebelum mendaftarkan diri ke KPU RI sebagai capres-cawapres pada Pilpres 2024. Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pertemuan Prabowo-SBY sebagai bentuk etika menghormati mantan komandannya saat masih aktif di militer.

"Hanya mau menghormati sebagai bekas komandan, itu tradisi dalam tentara meskipun sudah tidak menjabat lagi tapi kalau akan melakukan satu langkah. Yang penting itu, harus permisi, kulonuwun dulu kepada mantan komandan," kata Yusril saat ditemui awak media di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Setelah menemui SBY di Cikeas, kata Yusril, Prabowo langsung pamit balik ke Jakarta. Prabowo menyusul tim pemengangannya yang sudah menunggu di Senayan. 

"Permisi balik lagi ke sini dan kita akan sama-sama berangkat ke Senayan, dari Senayan nanti kita ada deklarasi. setelah itu bersama-sama berangkat ke KPU untuk melaksanakan pendaftaran nanti dari Taman Suropati akan jalan," ucap Yusril.

Bacapres/Bacawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di KPU RI sekitar pukul 11.20 WIB, Rabu (25/10/2023). Menggunakan mobil jeep terbuka, Prabowo-Gibran nampak memberikan salam kepada para pendukungnya yang sudah sejak pagi menuggunya di KPU.

Ada hal unik saat kedatangan Bacapres/Bacawapres besutan Parpol KIM tersebut.  Prabowo dan Gibran nampak memberikan tahu sumedang kepada para pendukungnya.

Pada jajaran belakang kendaraan Prabowo-Gibran, nampak mendampingi para Ketua Umum Parpol KIM. Dalam kendaraan itu, nampak Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Kemudian, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum PSI Kaesang Pangarep, Ketum Gelora Anis Matta. Selanjutnya, Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana dan Ketum PRIMA Agus Jabo.

Sebelum ke KPU, para Ketum Parpol KIM meneken, piagam pernyataan dukungan kepada Bacapres/Bacawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Penandatanganan piagam tersebut dilakukan, jelang pendaftaran Prabowo-Gibran di KPU RI, Rabu (25/10/2023).

Penandatangakan piagam itu, dilakukan di Indonesia Arena GBK, Senayan, Jakarta pada Rabu (25/10/2023), sekitar pukul 10.15 WIB. Prabowo dan Gibran yang terlihat kompak mengenakan kemeja berwarna biru muda.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI