RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Awasi Pemeriksaan Kesehatan Anies-Muhaimin di RSPAD

Bawaslu Awasi Pemeriksaan Kesehatan Anies-Muhaimin di RSPAD

21 Oktober 2023 15:55 WIB
Bawaslu Awasi Pemeriksaan Kesehatan Anies-Muhaimin di RSPAD
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat hadir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023) (Foto: Antara).

KBRN, Jakarta: Bawaslu RI mengawasi proses pemeriksaan kesehatan terhadap Bacapres-Bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di RSPAD Gatot Soebroto. Pengawasan dilakukan untuk memastikan tidak ada potensi pelanggaran Pemilu 2024 pada tahapan ini. 

"Setiap tahapan memiliki potensi pelanggaran. Kita mencoba mengantisipasi itu termasuk tahapan pemeriksaan kesehatan ini," kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat mengikuti kegiatan medical check up Paslon Bacapres-Bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Namun, Bagja belum merinci potensi pelanggaran yang mungkin terjadi pada proses pemeriksaan kesehatan. Alasannya, saat ini proses pemeriksaan kesehatan sedang berlangsung.

Meski begitu, Bagja memastikan, Bawaslu memantau 24 jam proses pemeriksaan kesehatan seluruh kandidat bacapres-bacawapres. Semua itu proses pemeriksaan kesehatan demi berjalan sesuai dengan standar yang ada.

"Kami memastikan agar seluruh tahapan proses pemeriksaan kesehatan berjalan sesuai aturan. Kita berdoa agar seluruh pasangan sehat dan siap berkompetisi di pemilu nantinya," ucap Bagja.

Paslon Amin menjalani medical check up di RSPAD Gatot Subroto selama 8-10 jam. Keduanya tiba di RSPAD sejak pukul 07.00 WIB.

"Pemeriksaan akan dilaksanakan selama 8 hingga 10 jam. Dan tergantung pemeriksaan nantinya," kata Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI Budi Sulistya saat jumpa pers.

Budi memastikan, RSPAD mengedepankan prinsip pemeriksaan secara profesional, independen, dan dapat dipercaya "Secara prinsip pemeriksaan dilakukan sesuai dengan tahapan rutin yang kami laksanakan," ucap Budi.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI