RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Prabowo Minta Izin Presiden Jokowi untuk Maju "Nyapres"

Prabowo Minta Izin Presiden Jokowi untuk Maju "Nyapres"

20 Oktober 2023 19:50 WIB
Prabowo Minta Izin Presiden Jokowi untuk Maju "Nyapres"
Bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) menyapa wartawan saat perayaan ulang tahunnya ke-72 di, Jakarta, Selasa (17/10/2023). Acara ulang tahun tersebut dihadiri oleh para tokoh dan politikus. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

KBRN, Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta izin Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai bakal calon presiden (Bacapres). Prabowo berkirim dua buah surat kepada Presiden RI melalui Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (20/10/2023).

"Surat pertama adalah permohonan persetujuan dari Presiden untuk dicalonkan oleh partai politik dan gabungan partai politik sebagai capres. Surat kedua adalah permohonan izin cuti untuk pendaftaran Capres, tapi waktunya akan disusulkan," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dalam pesan singkat, Jumat (20/10/2023). 

Prabowo akan maju dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang didukung oleh gabungan beberapa partai politik. Namun, Prabowo masih belum mengumumkan dengan siapa dirinya akan berpasangan. 

Pasangan calon wakil presiden untuk Prabowo masih menjadi misteri. Jika tidak ada halangan, dalam waktu dekat, Prabowo akan segera mengumumkan dengan siapa dirinya akan maju nanti. 

Sebelumnya, sudah ada dua pasangan yang secara resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum untuk Pilpres 2024 mendatang. Yaitu pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pewarta: Pradipta
Editor: Beri
Sumber: RRI