RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tanggapan Presiden Soal Gibran Berpeluang Maju Cawapres

Tanggapan Presiden Soal Gibran Berpeluang Maju Cawapres

16 Oktober 2023 21:10 WIB
Tanggapan Presiden Soal Gibran Berpeluang Maju Cawapres
Presiden Joko Widodo memberi tanggapan terkait putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang berpeluang maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024. Keterangan disampaikan Kepala Negara di Beijing, Senin (16/10/2023). (Foto: layar tangkap Sekretariat Presiden)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyatakan, dirinya tidak ikut campur dengan urusan pencalonan calon presiden dan calon wakil presiden. Terlebih putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka berpeluang maju dalam Pemilihan Presiden 2024.  

"Pasangan capres dan cawapres ditentukan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Jadi silakan tanyakan saja ke partai politik," ujar Presiden dalam keterangan di Beijing, Senin (16/10/2023). 

Menurut Presiden, penentuan pasangan capres dan cawapres sepenuhnya wilayah partai politik. Dirinya tidak ikut campur dalam penentuan tersebut. 

"Itu wilayah parpol. Dan saya tegaskan, saya tidak mencampuri urusan penentuan capres atau cawapres," kata Presiden.

Gibran berpeluang maju sebagai calon wakil presiden untuk pasangan salah satu calon presiden. Apalagi, Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan menolak gugatan batas usia untuk capres-cawapres. 

Peluang Gibran maju sebagai cawapres semakin terbuka lebar. MK sudah memutuskan membatalkan gugatan pembatasan usia capres-cawapres. 

Ketua MK Anwar Usman menyatakan, permohonan para pemohon tidak beralasan menurut hukum untuk keseluruhannya. Perkara yang dibacakan putusannya adalah Nomor 29/PUU-XXI/2023.

Pewarta: Pradipta
Editor: Bara
Sumber: RRI