RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Beragam Metode Sosialisasi Pemilu, dari Radio hingga Film

Beragam Metode Sosialisasi Pemilu, dari Radio hingga Film

16 Oktober 2023 19:50 WIB
Beragam Metode Sosialisasi Pemilu, dari Radio hingga Film
Dialog Parlemen Menjawab bertajuk "Parlemen Menjawab Menciptakan Pemilu Damai dan Pemilu Cerdas" di Galeri Tri Prasetya RRI Jakarta, Senin (16/10/2023). Foto : Fitratun Komariah/ RRI

KBRN, Jakarta: Pesta Demokrasi 2024 akan dilakukan beberapa bulan kedepan. Sosialisasi terkait tahapan hingga pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) juga terus digencarkan.

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani melihat sejauh ini persiapan menuju Pemilu 2024 berjalan baik. Mulai dai tahapan daftar calon peserta pemilu dan pemilih hingga sosialisasi yang dilakukan.

"Beberapa mitra kami seperti RRI dan TVRI, punya program-program untuk mensosialisasikan soal datangnya event Pemilu ini. RRI punya Gerakan Cerdas Memilih yang sudah aktif di berbagai kota-kota besar agar pemilih muda ini paham," ujar Christina dalam acara dialog RRI Jakarta bertajuk "Parlemen Menjawab Menciptakan Pemilu Damai dan Pemilu Cerdas" di Galeri Tri Prasetya RRI Jakarta, Senin (16/10/2023).

"Temen-temen yang hadir disini mungkin nanti akan menjadi pertama kalinya menggunakan hak pilihnya," kata Christina sambil menyapa peserta dialog.

Sosialisasi yang dilakukan juga mengikuti perkembangan zaman saat ini, seperti membuat sebuah video ajakan bagi para pemilih. Video ajakan itu kemudian dibagikan ke media sosial agar lebih mudah dipahami oleh pemilih-pemilih muda.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, KPU RI baru saja merilis film "Kejarlah Janji". Astri menilai hal itu menjadi sebuah metode sosialisasi tentang demokrasi dan kepemiluan yang cukup baru.

"Film ini kan gampang banget ya kalau misalnya kita tonton, tanpa kita mikir yang berat-berat, kita gampang banget mendapatkan nilai-nilai dari film itu," ujar Astri.

Astri menjelaskan film "Kejarlah Janji" tidak diputar di bioskop-bioskop Indonesia. Film ini hanya diputar saat akan melakukan sosialisasi ke sekolah, kampus atau komunitas-komunitas.

"Jadi kita bawa itu film lalu kita nonton bareng, jadi cara-cara seperti itulah yang akan kita coba lebih banyak lakukan," ucapnya.

Saat memasuki masa kampanye, lanjut Astri, KPU juga berencana membuat program "KPU Goes to Campus". Tujuannya untuk mensosialisasikan terkait serba-serbi Pemilu dan juga sistem pemerintahan Demokrasi.

"Pada bulan November nanti kita akan buat KPU Goes to Campus, jadi kita akan ke kampus-kampus untuk mensosialisasikan terkait kepemiluan dan demokrasi," katanya.

Pewarta: Fitratun Komariah
Editor: Bara
Sumber: RRI