RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Wacana Pilkada 2024 Dipercepat, Masinton: Tergantung Kesiapan Teknis

Wacana Pilkada 2024 Dipercepat, Masinton: Tergantung Kesiapan Teknis

3 September 2023 12:49 WIB
Wacana Pilkada 2024 Dipercepat, Masinton: Tergantung Kesiapan Teknis
Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu (kanan) bersama Pengamat politik Ujang Komarudin (kiri) saat hadir pada dialog khusus RRI dengan tema Jalan Menuju Parlemen, di Gallery Tri Prasetya RRI Jakarta, Minggu (3/9/2023) (Foto:rri.co.id/Charlie Reinhard).

KBRN, Jakarta: Anggota DPR RI Fraksi PDIP Masinton Pasaribu buka suara, terkait usulan Pilkada Serentak 2024 dimajukan atau dipercepat. Menurut Masinton, hal tersebut masih sebatas usulan dari pemerintah belaka.

"Ya, itu baru usulan pemerintah. Nantikan tergantung kesiapan teknis penyelenggara (Pemilu 2024) juga," kata Masinton seusai acara dialog 'Parlemen Menjawab', di Kantor RRI, Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Anggota Komisi XI DPR ini belum bisa menyatakan setuju atau tidak. Dirinya ingin mengetahui terlebih dahulu, alasan konkret dalam usulan Pilkada 2024 dipercepat.

"Saya belum mendengar alasannya apa (Pilkada 2024 dimajukan). Kalau atas dasar pertimbangan yang kuat dan tidak berbenturan dengan agenda Pilpres kita dua putaran, saya no problem, tidak masalah," ucap Masinton.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan urgensi usulan dimajukannya pilkada dari 27 November menjadi September 2024. Menurutnya, wacana tersebut harus dipertimbangkan secara mendalam terlebih dahulu.

“Belum sampai ke situ kok saya. Urgensinya apa, alasannya apa, semuanya perlu dipertimbangkan secara mendalam,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya usai menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Tahun 2023, Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Presiden Jokowi pun menilai pelaksanaan pilkada 2024 pun masih dalam kajian Kementerian Dalam Negeri. “Saya kira semua itu masih kajian di Kemendagri dan saya belum tahu mengenai itu,” ucapnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI