RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Singgung Stabilitas Ekonomi, Pernyataan Presiden 'Warning' Semua Pihak

Singgung Stabilitas Ekonomi, Pernyataan Presiden 'Warning' Semua Pihak

30 Agustus 2023 09:37 WIB
Singgung Stabilitas Ekonomi, Pernyataan Presiden 'Warning' Semua Pihak
PRO3 RRI saat berbincang dengan Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas, Rabu (30/8/2023). (Foto: RRINet)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti stabilitas ekonomi Indonesia terombang-ambing oleh politik. Merespon hal tersebut, Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas menilai, pernyataan Presiden Jokowi merupakan 'warning' untuk semua pihak.

"Pernyataan ini jadi perhatian semua pihak, bukan hanya masyarakat atau (menteri) kabinet. Tetapi, seluruh relawan termasuk partai politik dan juga capres dan cawapres (Pemilu 2024)," kata Fernando saat berbincangan PRO3 RRI, Rabu (30/8/2023).

Fernando mengatakan, stabilitas politik dan keamanan sangat mempengaruhi stabilitas ekonomi. Sehingga, pernyataan tegas Presiden Jokowi menjadi kepentingan bersama untuk menjaga ekonomi berkembang secara berkelanjutan.

"Bukan hanya kepentingan pemerintah, presiden, kabinet pak Jokowi, tetapi kepentingan seluruh masyarakat indonesia. Sehingga yang berkepentingan untuk menjaga adalah kita semua baik itu elit politik, masyarakat, relawan," ujar Fernando.

Kedepannya, Fernando berharap, Pemilu 2024 tidak membuat guncangan besar terhadap stabilitas ekonomi. Jangan sampai, masyarakat ujung-ujungnya merasa kesulitan karena stabilitas politik dan keamanan bergejolak.

"Karena begitu situasi politik guncang, ada gangguan, dan tidak stabil akan mengganggu stabilitas keamanan. Begitu stabilitas keamanan tidaki baik maka akan mengganggu stabilitas ekonomi," ucap Fernando.

Presiden Joko Widodo mengatakan, persoalan politik menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024 jangan sampai membuat stabilitas ekonomi dalam negeri terganggu. Presiden mengingatkan, jika ekonomi nasional terganggu, maka akan sulit untuk mengembalikan pada posisi baik. Sebab saat ini kondisi ekonomi global masih serba tidak pasti.

"Saya selalu menyampaikan, jangan sampai urusan politik pada 2024 itu mengganggu stabilitas ekonomi kita. Karena kalau terganggu dalam posisi dunia sulit itu kadang-kadang mengembalikannya akan sangat sulit, kadang-kadang. Bisa saja betul-betul sulit, tapi kadang-kadang bisa menyulitkan kita," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Kongres Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) 2023 yang digelar di Cirebon, Jawa Barat, sebagaimana dilansir siaran YouTube Podcast JAMAN, Selasa (29/8/2023).

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI