RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​Persiapan Logistik Pemilu 2024 Dibagi Dua Tahapan

​Persiapan Logistik Pemilu 2024 Dibagi Dua Tahapan

12 Oktober 2023 08:38 WIB
​Persiapan Logistik Pemilu 2024 Dibagi Dua Tahapan
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (tengah) bersama Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja (kiri) dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kanan) saat melakukan presscon di Kantor Bappenas, Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: KPU RI menjelaskan, persiapan logistik Pemilu 2024 dibagi menjadi dua tahapan. Tahapan pertama, persiapan kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel.

"Ini kan prosesnya sudah ada penandatanganan kontrak oleh LKPP, sehingga prosesnya sedang berjalan. Tahap kedua, surat suara, formulir dan lain-lain itu masuk ke tahap kedua," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Hasyim pun merasa optimis, persiapan logistik pemilu sesuai dengan kebutuhan. Kemudian, Hasyim menyinggung, pengiriman logistik Pemilu 2024 ke luar negeri.

"Mengirim logistik pemilu untuk luar negeri, melayani sekitar 1,7 pemilih kita di kuar negeri. Karena, di luar negeri ada early voting, suara lebih awal dari dalam negeri," ucap Hasyim.

Dalam penyaluran logistik di luar negeri, Hasyim mengaku, KPU menggunakan metode pos. Yakni, kapan harus dimasukan amplop lalu dikirim kepada pemilik suara.

"Maka surat suara harus datang lebih awal. Insyaallah itu akan sesuai dengan rencana," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI