RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​KPU Ajak Masyarakat Kompak Melawan Politik Uang

​KPU Ajak Masyarakat Kompak Melawan Politik Uang

25 September 2023 10:02 WIB
​KPU Ajak Masyarakat Kompak Melawan Politik Uang
Anggota Bawaslu Herwyn J.H. Malonda dalam Rapat Persiapan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan dan Panitian Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri. (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Komisioner Bawaslu RI Herwyn JH Malonda mengimbau, seluruh lapisan masyarakat untuk kompak melawan politik uang. Politik uang pada Pemilu 2024 harus dijadikan 'musuh' bersama oleh masyarakat.

"Politik uang merusak integritas. Dari pemimpin yang akan datang," kata Herwyn dalam keterangan persnya, Minggu (24/9/2023).

Ia mengungkapkan, Pemilu 2024 tidak hanya sebatas memilih pemimpin atau legislatif. Pemilu harus membuat publik terlibat aktif di dalamnya, terutama dalam persoalan politik uang.

"Perlu kerja bersama secara gotong-royong pemangku kepentingan menyatakan politik uang adalah musuh bersama. Ini mempengaruhi integritas yang terpilih dan akan membuat keterpilihannya cacat demokrasi," ucap Herwyn.

Lanjutnya, Herwyn mendesak, peserta Pemilu 2024 dan tim suksesnya menahan diri melakukan tindakan yang mencederai demokrasi. Jangan mengajak publik dalam memilih dengan cara tidak etis. 

Herwyn menekankan, tahap sosialisasi ini peserta pemilu harus memberikan pencerdasan kepada rakyat. Yakni, tentang konsep ide dan gagasan melalui visi, misi, program.

"Kami imbau peserta pemilu maupun juga nantinya berkontestasi agar menahan diri, berikan edukasi yang mencerahkan. Kita semua berkewajiban untuk memberikan edukasi kepada publik terkait dengan politik etis," ujar Herwyn.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI