RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Legislator harapkan GCM RRI Tingkatkan Partisipasi WNI Hongkong

Legislator harapkan GCM RRI Tingkatkan Partisipasi WNI Hongkong

24 September 2023 11:43 WIB
Legislator harapkan GCM RRI Tingkatkan Partisipasi WNI Hongkong
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam video sambutannya di acara Sarahsehan GCM Pemilu 2024 di Hongkong, Minggu (24/9/2023). (Foto: RRI/YouTube VOI Official)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani berharap, GCM RRI membantu meningkatkan partisipasi WNI di Hongkong, Pemilu 2024. Yaitu, dengan melalui penyebaran informasi yang tepat dan akurat.

"Peningkatan partisipasi menjadi penting, guna memastikan aspirasi masyarakat Indonesia dapat terjaring dengan maksimal. Berkaca pada pemilu 2019, hanya 36 persen dari masyarakat Indonesia di luar negeri yang meggunakan hak pilihnya," kata Christina dalam video sambutannya di acara Sarahsehan GCM Pemilu 2024 di Hongkong, dikutip dari kanal YouTube VOI Official, Minggu (24/9/2023).

Oleh karena itu, politikus Golkar ini mengungkapkan, GCM RRI menjadi penting meningkatkan awareness masyarakat di luar negeri. WNI di Hongkong harus serempak dan kompak datang ke TPS untuk menuntukan nasib bangsa Indonesua.

"Pemilu 2024, mendorong mereka untuk menggunakan hak pilihnya. Data pemilih luar negeri untuk pemilu 2024 yang mencapai 1.750.000 lebih pemilih merupakan jumlah yang besar," ucap Christina.

Kemudian, Christina membeberkan, Hongkong mempunyai peran penting dengan pemilih terdaftar sebayak lebih dari 164.000 orang. Dengan konsep one man one vote, suara masyarakat Indonesia memiliki andil menentukan arah pembangunan.

"Sunggulah sayang apabila hak pilih itu kemudian tidak digunakan sebagaimana mestinya. Pesat demokrasi lima tahunan juga sepatutnya kita sambut dan singkapi dengan riang gembira," ujar Christina.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI