RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pendaftaran Capres-Cawapres, KPU Pastikan Kinerja Stabil

Pendaftaran Capres-Cawapres, KPU Pastikan Kinerja Stabil

21 September 2023 20:20 WIB
Pendaftaran Capres-Cawapres, KPU Pastikan Kinerja Stabil
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari saat melakukan wawancara dengan awak media di Kantor KPU Pusat, Jakarta. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari memastikan, kinerja penyelenggara Pemilu 2024 tetap stabil dan berjalan lancar. Pernyataan tegas Hasyim itu, menyoroti ditetapkannya pendaftaran capres-cawapres pada 19-25 Oktober 2023.

Hasyim mengatakan, KPU secepatnya melakukan beberapa penyesuaian menyambung perubahan jadwal pemilu yang disepakati Komisi II DPR dan pemerintah. "Kita tata ulang itu jadwal untuk kegiatan verifikasi,” kata Hasyim dalam keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Hasyim menilai, upaya penyesuaian tersebut merupakan wujud pelayanan KPU kepada masyarakat. Ke depannya, KPU akan membimbing proses pendaftaran dari pasangan capres-cawapres. 

"Perubahan jadwal ini miliki dampak terhadap paslon dan parpol pendukung. Jadi nanti kita tata ulang, kita periksa ulang berkaitan dengan tahapan yang menjadi ruang lingkup tugasnya KPU,” ucap Hasyim.

Kemudian, Hasyim menegaskan, KPU berusaha pasangan capres-cawapres, parpol dan parpol pendukung dapat ternaungi. Terlebih, penetapan capres-cawapres ditetapkan 13 November 2023.

“Saya kira untuk yang lain-lain masih bisa terpenuhi sehingga pendaftaran tanggal 19 sampai 25 Oktober 2023. Penetapannya tanggal 13 November 2023,” kata Hasyim, mengakhiri.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Beri
Sumber: RRI