RRI

Netralitas TNI Diyakini Akan Tetap Terjaga

21 September 2023 17:47 WIB
Netralitas TNI Diyakini Akan Tetap Terjaga
Direktur Eksekutif Senopati Syndicate Robi Sugara saat berbicara tentang Pemilu 2024 di Jakarta, Kamis (24/9/2023) (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Direktur Eksekutif Senopati Syndicate Robi Sugara meyakini, netralitas TNI akan tetap terjaga dalam Pemilu 2024 nanti. Sekalipun pada November nanti, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memasuki masa pensiun dan diganti dengan sosok baru.

Sebab, menurutnya, Presiden Joko Widodo sebagai Panglima Tertinggi selalu menunjukkan netralitasnya. "Pergantian panglima nanti itu TNI akan melihat Jokowi-nya sendiri, TNI enggak kemana-mana karena enggak ada perintah," katanya di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Ia menekankan, netralitas TNI di Pemilu sangatlah penting. Sebab, jika TNI tidak netral, bukan tidak mungkin akan terjadi kekacauan di negeri ini.

"Kan di masyarakat pasti ada perselisihan, berpotensi benturan. Bayangkan kalau TNI-Polri enggak netral," ucapnya.

Netralitas TNI maupun Polri penting untuk meminimalisir benturan tersebut. "Kalau netral, TNI-Polri sudah mulai melakukan upaya-upaya pencegahan bersama institusi lain," ujarnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun, menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Yudo akan memasuki usia 58 tahun pada 26 November 2023.

Pewarta: Bunaiya
Editor: Allan
Sumber: RRI