RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Adegan Simulasi, Polisi Selamatkan Kotak Suara Diboikot Massa

Adegan Simulasi, Polisi Selamatkan Kotak Suara Diboikot Massa

15 September 2023 13:50 WIB
Adegan Simulasi, Polisi Selamatkan Kotak Suara Diboikot Massa
Polisi Lingkungan Polresta Mataram melakukan simulasi melumpuhkan pemboikot kotak suara di di lapangan bekas Bandara Selaparang Mataram, Jumat (15/09/2023) (Foto: RRI/ M Yusuf

KBRN, Mataram: Personel Polresta Mataram  berhasil melumpuhkan para pelaku aksi boikot kotak suara Pemilu. Hal ini  terjadi di tengah jalan saat kotak suara akan dikirim ke tingkat kecamatan.

Terlihat pula Unit K9 Dit Samapta Polda NTB mengurai massa demonstrasi skala besar dilakukan sekitar ribuan simpatisan dari salah satu calon legislatif kalah. Adegan penanganan penghadangan dan demonstrasi itu hanyalah simulasi pengamanan Pemilu 2024 dan latihan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota). 

Kegiatan ini diselenggarakan Polresta Mataram di lapangan bekas Bandara Selaparang Mataram, Jumat (15/09/2023). Wakapolresta Mataram AKBP Syarif Hidayat SIK mengatakan, simulasi diikuti petugas gabungan.

"Untuk menyatukan persepsi terkait pengamanan pemilu. Dan Sispamkota bagi seluruh petugas yang tergabung," kata Syarif di sela simulasi.

Dikatakan, dalam simulasi tersebut 10 adegan diperagakan masing-masing regu sesuai bagian ditentukan. Salah satunya adegan Polisi Lingkungan dan Bhabinkamtibmas berhasil melumpuhkan pelaku pemboikot Kotak suara.

Kemudian, adegan pengamanan demonstrasi skala kecil maupun skala besar yang mungkin dilakukan baik di TPS maupun di KPU juga diperagakan. Selanjutnya segala peristiwa kontijensi seperti kebakaran dan bencana alam juga diperagakan. 

"Kegiatan simulasi ini sebagai bentuk kesiapan Polresta Mataram dan seluruh yang tergabung dalam petugas dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024. Dengan harapan Harkamtibmas di wilayah hukum Polresta Mataram dapat tetap kondusif," ucapnya.

Pewarta: M. Yusuf
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI