RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies-Cak Imin Resmi Deklarasi Capres-Cawapres 2024

Anies-Cak Imin Resmi Deklarasi Capres-Cawapres 2024

2 September 2023 16:29 WIB
Anies-Cak Imin Resmi Deklarasi Capres-Cawapres 2024
Anies Baswedan (kanan), Muhaimin Iskandar (kiri), dan Surya Paloh (tengah) saat deklarasi Anies-Cak Imin sebagai Capres-Cawapres di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023) (Foto: Dokumentasi/PKB)

KBRN, Surabaya: Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendeklarasikan diri menjadi Capres-Cawapres 2024. Deklarasi dihadiri petinggi partai pengusung, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). 

Cak Imin yang juga Ketua Umum PKB mengatakan, dirinya siap mengawal Anies di Pilpres 2024. "Untuk melanjutkan cita-cita, perjuangan, dan nilai-nilai juang, serta ajaran-ajaran yang mulia," katanya.

Ia menjelaskan, maju sebagai Cawapres tujuannya adalah mengabdi kepada bangsa Indonesia. Hal tersebut sebagaimana teladan sang kakek, sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri. 

"Tidak ada niat lain selain memperbaiki, dan menyempurnakan. Untuk meneruskan perjuangan Mbah Bisri, meneruskan perjuangan para aulia, para pendiri NU," ujar Cak Imin. 

Hadir pada acara tersebut Ketum Partai NasDem Surya Paloh. "Insyaallah pasangan yang pertama mendaftar adalah pasangan yang kita miliki hari ini," ucap Paloh.

Saat ini belum ada satupun pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Pendaftaran Capres dan Cawapres akan dibuka pada 19 Oktober 2023, hingga 25 November 2023.

Meski demikian, sejauh ini sudah ada tiga orang yang digadang-gadang akan maju sebagai Capres di Pilpres 2024. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pewarta: Bunaiya
Editor: Mosita
Sumber: RRI