RRI

Hipmi Ingin Uji Strategi Ekonomi Capres

1 September 2023 13:33 WIB
Hipmi Ingin Uji Strategi Ekonomi Capres
Grafik pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2023 tumbuh konsisten di atas 5 persen sejak kuartal IV-2021 (Foto: Antara/Istimewa)

KBRN, Jakarta: Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ingin menguji strategi ekonomi mikro dan makro, para Calon Presiden (Capres) 2024. Sekretaris Jenderal Hipmi Anggawira mengatakan, pihaknya ingin tahu apakah strategi Capres mampu menyempurnakan strategi ekonomi pemerintahan sekarang. 

"Pertama, kebijakan yang sekarang sudah berjalan bisa dibilang memang belum sempurna. Karena untuk menuju finish harus melewati rintangan dahulu," katanya kepada Pro3 RRI, Jumat (1/9/2023).

Misalkan, lanjut Anggawira, strategi terkait hilirisasi pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dinilainya sudah baik. "Bagaimana potensi hilirisasi mampu dikerjakan pengusaha lokal, itu perlu adanya dukungan lokal mengenai pembiayaan," ucapnya mengingatkan kontestan Pilpres.

Hipmi juga ingin tahu strategi Capres mengenai formasi pembiayaan ketahanan pangan Indonesia. "Harapan kami bukan hanya konsep sifatnya makro, kita berharap sifatnya yang sudah teknis bisa diterapkan," ujarnya.

Saat ini belum ada satupun pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024. Pendaftaran Capres dan Cawapres akan dibuka pada 19 Oktober 2023, hingga 25 November 2023.

Meski demikian, sejauh ini sudah ada tiga orang yang digadang-gadang akan maju sebagai Capres di Pilpres 2024. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI