RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mendagri Ungkap Nikmat Terbesar Bangsa Indonesia Saat Ini

Mendagri Ungkap Nikmat Terbesar Bangsa Indonesia Saat Ini

1 September 2023 11:04 WIB
Mendagri Ungkap Nikmat Terbesar Bangsa Indonesia Saat Ini
Mendagri Tito Karnavian (tengah) saat berjabat tangan dengan para tamu undangan di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Mendagri Tito Karnavian mengatakan, nikmat terbesar bagi bangsa Indonesia saat ini adalah tetap utuh dalam bingkai NKRI. Dalam mensyukuri nikmat tersebut, Mendagri mengutip bacaan ayat Al-Qur'an dalam Surat Ar-Rahman.

"Itu harus kita syukuri, karena kita memang harus mensyukuri, Allah SWT berfirman, dalam Surar Ar-Rahman untuk kita mensyukuri. 'fabiayyi ala irobbikuma tukadziban' maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan," kata Mendagri saat berpidato di acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024', di Bentara Budaya, Jakarta, Kamis (31/8/2023) malam.

Mendagri pun mensyukuri, Indonesia sampai detik ini masih mampu menjalankan Pemilu 2024. Menurutnya, mempertahankan keutuhan suatu bangsa bukanlah hal mudah.

"Dari tahun 1945, 78 tahun, itu karunia yang sangat luar biasa, tapi kadang-kadang kita bandingkan dengan negara berantakan. Negara yang se-power full Uni Soviet dengan segala kekuatan militer ekonominya berantakan menjadi negara kecil," ucap Mendagri.

Selain Uni Soviet, Mendagri menceritakan, tentang pecahnya negara Yugoslavia di bawah kepemimpinan Josip Broz Tito. Tidak hanya itu, konflik negara Afganistan yang masih terjadi sampai sekarang ini juga tak lepas dari sorotannya.

"Negara yang dibangun temannya Bung Karno (Presiden RI Soekarno), Josip Broz Tito, Yugoslavia pecah menjadi tujuh negara kecil. Afganistan yang merdekanya lebih lama dari pada kita 1917 atau 1920, sampai hari ini nggak karu-karuan terkoyak-koyak," ujar Mendagri.

Diketahui, KPU RI menggelar acara 'Doa Bersama Pemilu Damai Tahun 2024'. Kegiatan ini diselenggarakan di Bentara Budaya Pukul 20.00 WIB.

Dalam kegiatan ini, di hadiri langsung oleh pejabat negara seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito hadir mewakili  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian, turut hadir juga seniman Sujiwo Tejo. Juga musisi legendaris Ebiet G. Ade .

Acara doa bersama ini, dihadiri langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari berserta jajaran komisioner KPU pusat. Nampak pula Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, sampai tokoh-tokoh agama yang ada di Indonesia.

Acara dibuka dengan lagu populer milik Ebiet G. Ade yang berjudul 'Berita Kepada Kawan'. Semua tamu undangan, semuanya bernostalgia dan bernyanyi bersama.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI