RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Pastikan Debat Cawapres Pasti Diselenggarakan

KPU Pastikan Debat Cawapres Pasti Diselenggarakan

5 Desember 2023 09:40 WIB
KPU Pastikan Debat Cawapres Pasti Diselenggarakan
Komisioner KPU RI Idham Holik saat melakukan konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: Istimewa))

KBRN, Jakarta: KPU RI meminta, masyarakat tidak lagi mengkhawatirkan soal kabar miring debat cawapres ditiadakan. Karena, KPU memastikan menggelar debat sebanyak lima kali, yakni tiga untuk capres, dua cawapres.

Komisioner KPU Idham Holik pun menyampaikan, pernyataan tegas Ketua KPU Hasyim Asy'ari soal debat capres-cawapres. Bahwa, KPU tidak sama sekali mengubah atau membuat format baru debat capres-cawapres.

"Tidak ada format baru ya, Mas Hasyim Ketua KPU RI menegaskan bahwa debat itu lima kali. Dengan rincian tiga kali debat capres, dua kali untuk debat cawapres," kata Idham dalam keterangan persnya, Senin (4/12/2023).

Ia menegaskan, masyarakat bisa memegang komitmen KPU dalam penyelenggaraan debat capres-cawapres. Karena, debat tersebut dilakukan sesuai UU Pemilu dan PKPU.

"Beliau (Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari) wanti-wanti juga. Debat dilaksanakan sesuai dengan perundang-undangan," ucap Idham.

Lebih lanjut, ia menuturkan, KPU akan berkoordinasi dengan tim kampanye capres-cawpres jelang pelaksanaan saat debat perdana. "Dalam pedoman teknis kampanye untuk pemilihan moderator itu KPU harus menerima masukan dari masing-masing  paslon," ujar Idham.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI