RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ratusan Ribu KPPS Dipastikan Sehat saat Pemilu 2024

Ratusan Ribu KPPS Dipastikan Sehat saat Pemilu 2024

4 Desember 2023 20:55 WIB
Ratusan Ribu KPPS Dipastikan Sehat saat Pemilu 2024
Petugas KPPS saat melakukan pemeriksaan kesehatan. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sebanyak 210.000 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dipastikan dalam keadaan sehat selama menjalakan tugas dalam Pemilu 2024. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ani Ruspitawati. 

“Pada dasarnya Pemprov DKI Jakarta dapat memfasilitasi Medical Check Up bagi petugas KPPS selama Pemilu 2024. Sebab, hal ini menjadi salah satu mekanisme yang cukup penting,” kata Ani kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (4/12/2023). 

Selain itu, Ani memastikan riwayat penyakit bawaan dari petugas KPPS melalui pemeriksaan. Sehingga Dinkes DKI Jakarta dapat mengeluarkan surat keterangan kesehatan. 

“Misalnya punya riwat jantung atau penyakit lainnya supaya lebih ada kewaspadaan. Kami juga perlu surat permohonan dari KPU untuk menyediakan fasilitas MCU bagi KPPS Pemilu 2024,” ujarnya. 

Dinkes DKI juga akan melayani anggota KPPS yang menjadi peserta aktif BPJS Kesehatan jika membutuhkan layanan rumah sakit. Sedangkan terkait pemeriksaan kesehatan tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

"Kami memastikan seluruh anggota KPPS menjadi anggota BPJS. Hal ini dilakukan agar memudahkan kondisi yang membutuhkan pelayanan kesehatan," ucapnya. 

Tak hanya itu, Ani pun siap berkoordunasi dengan puskesmas dan rumah sakit untuk menyediakan ambulans milik Faskes DKI Jakarta. Selain itu, pihaknya masih mendiskusikan terkait anggaran suplemen dan vitamin bagi anggota KPPS.

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Beri
Sumber: RRI