RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Masa Kampanye, Kapolrestro Bekasi Sebut Berita Hoaks Meningkat

Masa Kampanye, Kapolrestro Bekasi Sebut Berita Hoaks Meningkat

4 Desember 2023 09:55 WIB
Masa Kampanye, Kapolrestro Bekasi Sebut Berita Hoaks Meningkat
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani saat diwawancarai RRI. Ia menyebut terjadi peningkatan berita hoaks pada masa kampanye pemilu saat ini.(Foto: RRI/Leny Kurniawati)

KBRN, Kota Bekasi: Polres Metro Bekasi Kota mulai memantau lalu lintas media sosial di masa kampanye Pemilu 2024. Pasalnya penyebaran hoaks mulai mengalami peningkatan.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani mengatakan, hoaks berkaitan dengan pemilu mulai banyak dijumpai akhir-akhir ini.  Padahal sebelumnya berita palsu itu termasuk jarang sekali dijumpai.

“Saat ini mulai banyak kampanye di media sosial sehingga kerawanan yang muncul berupa hoaks. Dari hasil pantaun kami mulai ada peningkatan terhadap berita bohong atau hoaks,” kata dia.

Ia menambahkan, kemunculan hoas berkaitan dengan pemilu disebabkan kurang cermatnya masyarakat dalam menelaah sebuah informasi. Masyarakat kerap tidak pikir panjang sehingga mudah sekali membagikan informasi hoax yang mereka terima.

Meski hoaks mulai bermunculan akan tetapi pihak Kepolisian baru sebatas memantau lewat aktifitas Patroli Cyber. Polisi justru lebih mengedepankan upaya mengedukasi masyarakat agar bijak dalam bersosial media.

“Masyarakat kita lebih muda share ketimbang membaca terlebih dahulu, itulah yang kami antisipasi. Makanya kita lebih banyak himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam bermedia sosial,” kata Dani.

Dalam pelaksanaan Pemilu 2024, ia berharap agar pesta demokrasi lima tahunan tersebut bejalan dengan aman dan damai. Sehingga pihak Kepolisian senantiasa siap siaga mengawal berlangsungnya Pemilu 2024.

“Harapan kami dari penegak hukum, meski berbeda pilihan, berbeda partai yang penting pemilu di Kota Bekasi berlangsung aman dan damai. Dan kami akan mengawal dan terus siaga demi kelancaran pemilu,” ujarnya mengakhiri.


Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: witokaryono
Sumber: RRI